7 FAKTA JARINGAN 5G YANG WAJIB DIKETAHUI

| |

Jaringan 5G atau fifth generation (generasi kelima) adalah teknologi terbaru untuk telekomunikasi yang melebihi standar 4G. Dan jaringan 5G ini diprediksi memiliki kecepatan hingga tiga kali lipat dari kecepatan generasi sebelumnya, jaringan baru di Indonesia. Pemerintah mengklaim jaringan tersebut menghadirkan kecepatan data yang fantastis dan latensi rendah.

5G menggunakan spektrum dalam rentang frekuensi LTE antara 600 MHz hingga 6 Ghz. 5G umumnya baru diperkenalkan di tahun 2018 dan menjalani proses uji coba di beberapa negara. Misalnya, di Britania Raya, koneksi 5G memiliki kecepatan unduh hingga 2,8 Gbps. Memang, 5G digadang-gadang lebih cepat 20 kali lipat dari 4G, terang laman Adweek. Sumber: idntimes.com
Berikut fakta dari jaringan 5G :


1.    Lantensi rendah ( Minim terjadi Penundaan)


Jaringan 5G merupakan jaringan seluler yang di rancang setalah generasi ke-4 yang merupakan jaringan generasi ke-5.  Jaringan 5G ini  adalah standar nirkabel global baru setelah jaringan 1G, 2G, 3G, dan 4G. Sehingga sangat perlu kita ketahui fakta-fakta dari jaringan 5G ini. Melansir Qualcomm, 5G ini ditujukan untuk memberikan kecepatan data puncak multi-Gbps, latensi rendah (minim terjadi penundaan), hingga kapasitas jaringan besar.


2.    Kecepatan jaringan Sangat cepat


Kecapatan jaringan 5G ini seperti kilat yang sangat dibutuhkan untuk masyarakat saat ini sehingga 5G dirancang untuk memberikan kecepatan data puncak hingga 20 Gbps berdasarkan persyaratan IMT-2020. Selain kecepatan data puncak yang lebih tinggi, 5G dirancang untuk menyediakan lebih banyak kapasitas jaringan dengan memperluas ke spektrum baru, seperti mmWave. Jaringan 5G ini memberikan latensi  lebih rendah sehingga kecepatan data tetap tinggi secara konsisten, bahkan saat pengguna berpindah-pindah.


3.    Sudah tersedia di banyak negara


Jaringan 5G ini sudah tersedia di banyak Negara peluncururan dan adobsinya begitu cepat dibandingkan jaringan sebelumnya yaitu jaringan 4G sedangkan Operator global mulai meluncurkan jaringan 5G pada awal 2019. Selain itu, semua produsen ponsel besar juga telah menjual ponsel 5G. Berdasarkan data, 5G telah digunakan di lebih dari 60 negara dan terus bertambah, sangat banyak peminat dari jarungan 5G ini dengan berbagai keuntungan yang didapat konsumen.


4.    Teknologi aman


Jaringan5G ini dinilai aman bagi manusia, hewan dan tumbuhan sehingga proses peluncuruan dan abdosinya pun begitu cepat. Perusahaan jasa konsultansi, Deloitte menyebut bahwa teknologi 5G lebih aman dibanding teknologi generasi sebelumnya. 5G dirancang untuk menggunakan lebih sedikit daya dibandingkan dengan generasi sebelumnya sehingga daya yang dihantarkan juga lebih rendah.


5.    Jaringan 5G bisa bikin boros atau hemat data


Teknologi jaringan 5G menghadirkan pengalaman yang lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya dengan menyuguhkan koneksi data yang cepat. Semakin cepat koneksi data, akumulasi data yang dikonsumsi bisa lebih besar. Boros atau tidak datanya tergantung penggunaan mengutip Telkomsel.


6.    Teknologi 5G diperlukan untuk mengikuti perkembangan dunia yang serba cepat Amerika Serikat mulai sedikit tertinggal dalam teknologi 5G.

Korea Selatan justru telah membangun jaringan 5G sejak Desember 2018, disusul tiga operator di China pada Oktober 2019 dan empat penyedia jaringan 5G di Inggris sepanjang 2019.  Meski agak tertinggal, pada tahun ini Indonesia siap menggelar layanan 5G secara komersil yang dimulai pertama kali pada Mei 2021.


7.    Jaringan 5G bisa diakses setelah tersedia ponsel 5G  Hal ini benar dan berlaku bila Anda tinggal di salah satu kota yang telah menyediakan jaringan 5G.

Khusus di Indonesia, baru kota Jakarta yang menyediakan akses 5G secara terbatas, salah satunya di Bandara Soekarno Hatta.  Di lokasi ini Anda bisa memanfaatkan jaringan 5G dengan menggunakan ponsel yang kompatibel dan telah diaktifkan akses 5G.

 

Source code terkait lainnya :


Tags Article :
#TIPS DAN TRIK #TREN TERBARU #FREE SOURCE CODE #PHP SOURCE CODE #SOURCE CODE DOWNLOAD #SOURCE CODE GRATIS #ARTIKEL #TEKNOLOGI #INFORMASI #PENGALAMAN


Share Articles :